Bawaslu Lamongan Rekomendasikan 33 TPS Untuk Penghitungan Suara Ulang

241

Lamongan(Harjatim)- Setelah sebelumnya hanya 5 TPS di 2 Kecamatan yakni Sekaran dan Kalitengah yang dinyatakan Penghitungan Suara Ulang, kini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan merekomendasikan lagi 28 TPS dari 11 Kecamatan, sehingga untuk saat ini total ada 33 TPS dari 13 Kecamatan di Kabupaten Lamongan terancam Penghitungan Suara Ulang (PSU) .

“Ada penambahan jumlah TPS yang direkomendasikan, Itu dilakukan karena adanya kerancuan dalam salinan C1 di Pemilu 2019. kecamatan Yang paling banyak direkomendasikan untuk dilakukan hitung ulang yakni Kecamatan Laren, jumlahnya mencapai 13 TPS”, kata Bawaslukab Lamongan Miftahul Badar , saat monitoring rekapitulasi penghitungan suara.

Badar merinci, TPS yang direkomendasikan untuk hitung ulang tersebut yakni Kecamatan Babat sebanyak 1 TPS, Kecamatan Kalitengah sebanyak 2 TPS, dan Kecamatan Ngimbang 3 TPS. Kemudian Kecamatan Glagah 2 TPS, Kecamatan Sekaran 3 TPS serta Kecamatan Modo 1 TPS. Lalu Kecamatan Laren 13 TPS, Kecamatan Deket 2 TPS dan Kecamatan Sugio 2 TPS. Terakhir Kecamatan Sarirejo 1 TPS dan Kecamatan Pucuk 3 TPS.

Masih menurut-nya,  proses hitung ulang yang direkomendasikan Bawaslukab tersebut dilakukan karena ada kerancuan di dalam salinan C1. Yakni yang ada di tangan saksi, Petugas TPS dan kotak.

“Bahwa setiap ada kerancuan di dalam salinan C1 yang ada di saksi, PTPS dan kotak, maka protokol kita adalah merekomendasikan pembukaan C1-Plano. Dan ketika C1-Plano masih ada kerancuan, maka rekomendasi kita ialah hitung ulang,” jelasnya, Senin (22/4/2019).

Ia melanjutkan, dalam pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan itu semua proses dilakukan secara transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada semua peserta Pemilu agar ikut menyaksikan proses ini.

“Berdasarkan protokol pengawasan tadi, kalau-pun ada penggelembungan suara, maka secara otomatis akan terkoreksi,” pungkas Badar.

Perlu diketahui, hingga saat ini proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan masih terus berlangsung di sejumlah kecamatan di Lamongan. Proses rekapitulasi ini mendapat penjagaan ketat dari petugas kepolisian dan TNI.

(gik)