PTPN X Tanam Tembakau Berkualitas Dunia

298

Jember (Harjatim) – Kebon Ajong Gayasan unit usaha PT Perkebunan Nusantara X mulai menanam Tembakau Bawah Naungan (TBN) berkualitas dunia. Di tahun 2019 ini, Kebun Ajong Gayasan menanam TBN di lahan seluas 500 hektar dengan target produksi hijau 20.000 kg/ha, produksi kering 1900 kg/ha, kwalitas NW 35%, kwalitas D/O  90% dan daun utuh 90 %.

Direktur Operasional PTPN X, Aris Toharisman mengungkapkan tahun ini di Jember menanam 500 ha, jika nanti hasilnya baik, memenuhi target, Insyaallah tahun depan akan kita kembangkan lagi.

“Saya berharap tahun ini kualitas NW tercapai, minimal 35%, karena itu kunci kita baik dari sisi pemasaran maupun profitabilitas,” kata Aris usai acara Tanam Perdana Kebon Ajong Gayasan, dengan Tema Satukan Tekad untuk Meningkatkan Efisinesi dan Produktivitas menuju Kejayaan dengan Budaya Kerja Jujur, Tulus, Ikhlas dan Amanah Kita Tingkatkan Produktivitas dan Profitabilitas, di penataran Dawuhan Macan C bagian VIII  Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Minggu (12/5).

Kepada awak media, Aris Toharisman menambahkan pangsa pasar tembakau milik PTPN X ini semakin mendunia. Pembelinya pun terus bertambah, selain pembeli utama BSB, mulai berdatangan pembeli dari Turki, Amerika , Malaysia, Singapura serta Dominika.

“Dengan makin luasnya pasar dan makin banyaknya pembeli diharapkan kedepannya dapat mendorong harga jual yang makin kompetitif,” ungkapnya

Aris juga berharap tahun ini kualitas NW tercapai yaitu minimal 35%, karena itu kunci kesuksesan itu berasal dari sisi pemasaran maupun profitabilitas. Pihaknya optimis tahun ini target produksi akan terpenuhi 100%. Sebab, pihak direksi menjamin tidak akan ada keterlambatan kebutuhan budidaya tembakau karena tembakau merupakan tanaman semusim yang usianya pendek yaitu hanya 45 hari saja kalau sampai kebutuhan tanaman terlambat dipenuhi maka akan mempengaruhi kualitasnya.

“Semoga tanam di bulan yang penuh barokah ini akan memberikan manfaat yang besar kepada PTPN X maupun untuk kesejahteraan karyawan, termasuk kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerja Kebun Ajong Gayasan,” pungkasnya

Di tempat yang sama, GM Kebun Ajong Gayasan, Dwi Aprilla Sandi mengungkapkan Kebun Ajong Gayasan pada musim tanam tahun 2019 kali harus optimis mencapai target dengan semangat dan profitabilitas untuk dapat mencapai produksi.

“Tentunya dengn 5 kunci kerja, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja kualitas, kerja tuntas dan kerja ikhlas,” tugur Sandi.

Sandi berharap kepada seluruh jajarannya untuk berkomitmen dan dalam misi yang sama untuk meningkatkan produksi dan kualitas yang telah ditentukan dengan bekerja sesuai dengan SOP. Sis