Bentuk Tim Pendamping Desa, Pemkab Sidoarjo Dorong UKM Naik Kelas

150

Bentuk Tim Pendamping Desa, Pemkab Sidoarjo Dorong UKM Naik Kelas

Sidoarjo (Harjatim) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Sidoarjo membentuk Tim Pendamping Desa. Sebanyak 152 orang akan membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Sidoarjo untuk bisa mengurus perizinan usahanya.

“Pelayanan di Kabupaten Sidoarjo ini harus jemput bola dan harus cepat, karena lebih cepat lebih baik,” kata Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah pada acara Business gathering, Start Your Business Up di Luminor Hotel, Rabu (4/12).

Saiful Ilah menambahkan selama ini, perizinan di Kabupaten Sidoarjo ini sudah dinilai oleh Pemerintah Pusat, bahkan Kabupaten Sidoarjo ini dinobatkan sebagai Kabupaten dengan Perizinan Terbaik .

Dengan prestasi uang yang sudah ada, sambung Saiful Ilah, harus menjadi semangat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan perizinan yang sudah ada.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sidoarjo, Aris Suryono mengungkapkan Pemerintah kabupaten Sidoarjo sudah membuat berbagai layanan informasi akan kemudahan dalam hal perizinan usaha. Namun, semua itu tidak akan bisa maksimal bila pihaknya tidak melakukan terobosan dengan upaya jemput bola.

“Untuk itu,kami membentuk tim pendamping desa yang bertugas untuk membantu para pelaku UMKM yang belum mengurus perizinan usahanya,” kata Aris.

Tim pendamping desa, sebut Aris berjumlah 152 orang yang akan melayani dan membantu para pelaku usaha termasuk UKMK yang tersebar di 18 Kecamatan, 31 Kelurahan dan 322 desa yang ada di Sidoarjo ini.

“Tim pendamping desa ini akan kami latih mulai tanggal 11 Desember ini dan ditargetkan per 1 Januari 2020, tim ini sudah siap melaksanakan tugasnya,” imbuhnya.

Aris menambahkan diharapkan dengan adanya tim pendamping desa ini,tidak ada lagi pelaku usaha yang tidak berizin. Dengan mengantongi izin, para pelaku usaha khususnya UMKM ini bisa mengembangkan usahanya. Sis