Kapolda : Final Piala Gubernur di Stadion Gelora Delta Sidoarjo

68

Surabaya (Harjatim)- Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menegaskan, laga Final Piala Gubernur antara Persebaya melawan Persija Jakarta akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020). Keputusan ini didapat melalui rapat koordinasi Polda Jatim dengan sejumlah pihak terkait.

“Tadi sudah diputuskan bahwa lokasi dari pada tempat pertandingan final itu ada di Sidoarjo di Delta,” kata Kapolda usai rakor di Mapolda Jatim, Rabu (19/2).

Kapolda menegaskan, pihaknya akan melakukan pengamanan ketat. Hal ini melihat dari kerusuhan antarsuporter yang terjadi saat Semifinal laga Persebaya Vs Arema FC di Stadion Soepriadi Kota Blitar kemarin.

“Terkait dengan pengalaman tersebut karena barusan rapat dengan instansi terkait lengkap, baik dari satuan pengaman dari TNI dan Polri, dari instansi samping dan pihak Pemprov dan PSSI, dari panpel, kesehatan dan lain-lain dan sepakat untuk kejadian kemarin tidak terulang lagi dan kami akan melakukan pengamanan ekstra ketat besok,” ungkapnya.

Saat disinggung terkait berapa personel yang akan dikerahkan dalam peningkatan pengamanan besok, Luki menyebut teknis pengamanan baru dibahas nanti sore di Mapolrestabes Surabaya.

“Nanti sore kami akan rapat teknis yang mana tadinya memang kita persiapannya ada di GBT, sehingga kita akan rapat teknis di Polrestabes karena undangan sudah tersebar. Jadi nanti rapat teknis kami akan hadir untuk pengamanan besok,” lanjut Luki.

Selain itu, Luki mengatakan rakor tadi juga melakukan evaluasi atas kericuhan yang terjadi kemarin. “Kami ingin kerusuhan seperti kemarin di Blitar tak kembali terulang. Akan ada komitmen bersama Bonek juga untuk memastikan keamanan pelaksnaan final di Sidoarjo. Siapapun yang menang harus tetap jaga keamanan dan ketertiban,” pungkasnya.(wa/jn)