Irkodiklatal Tinjau Lattek Menembak Siswa Pusdikart

57

Situbondo, (harjatim)Inspektur Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Irkodiklatal) Kolonel Laut (P) Agus Priyatna, S.T., M.M. meninjau secara langsung pelaksanaan latihan menembak siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Pusat Pendidikan Artileri (Pusdikart) Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) di Karang Tekok, Situbondo.

Dalam siaran pers 28/ yang ikut dalam peninjauanIrkodiklatal didampingi oleh Dankodikmar Kolonel Mar Sarjito, Danpusdikif Kolonel Mar Yudi Asmar, Danpusdikart Kolonel Mar Wahyudi Saputra, Danpusdikkav Kolonel Mar Kusyuwono serta Danpusdikbanpur Kolonel Mar Budi Setyoko.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui secara langsung latihan siswa Pusdikart Kodikmar di Karang Tekok dan sekaligus untuk mengetahui sejauh mana prosedur-prosedur latihan dilaksanakan dengan baik dan benar, sehingga latihan dapat berjalan dengan baik dan aman.

Salah satu yang mendapat perhatian khusus dari Irkodiklatal adalah penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus corona, seperti kewajiban untuk memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer, menjaga jarak/physical distancing dan pengecekan suhu tubuh.

“Kewajiban tersebut harus dipatuhi dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh seluruh siswa dan pelatih untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang belum ditemukan obatnya itu,” ujar Irkodiklatal.

Selain itu, Irkodiklatal meminta agar seluruh personel tidak melakukan kontak dengan masyarakat setempat dan memastikan daerah latihan sudah steril dari kegiatan masyarakat saat dilaksanakan latihan.

“Untuk itu, personel pengamanan dan provost harus bekerja lebih ekstra agar daerah latihan siswa Kodikmar berjalan aman dan lancar,” tegas Irkodiklatal.

Dalam latihan tersebut, salah satu material tempur Marinir yaitu RM-70 Grad digunakan siswa Diktukba Pusdikart Kodikmar untuk melaksanakan latihan. Sedangkan materi latihan meliputi materi Gerakan Artileri Medan (GAM), menembak teknis dan taktis serta menembak lapisan.

Usai melaksanakan peninjauan, Irkodiklatal mendapat kado istimewa dari Dankodikmar berupa cindera mata selongsong peluru senjata artileri Marinir dan penyematan brevet kehormatan Artileri Marinir.(wan/kdkltl)