Reses Hidayat, Warga Minta Mobil Jenazah

53

Mojokerto (harjatim) – Warga Kranggan Kota Mojokerto meminta agar disediakan mobil ambulans untuk mengangkut orang meninggal (jenazah) dari rumah duka ke kuburan. Pasalnya, jarak dari rumah duka ke kuburan yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto cukup jauh hingga mencapai lima kilometer.

Permintaan warga tersebut disampaikan saat reses Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Partai Gerindra, H Hidayat di rumah pribadi Wakil Wali Kota Mojokerto Ahmad Rizal Zakaria, Jalan Raya Pulorejo, Kota Mojokerto, Rabu (11/11/2020) malam. Reses tersebut dihadiri sekitar 100 orang warga Kota Mojokerto.

“Lingkungan Kranggan tempat kami tinggal dan sejumlah lingkungan lainnnya tidak memiliki tanah kuburan di Kota Mojokerto, tanah kuburan kami berada di Losari yang masuk wilayah Kabupaten Mojokerto. Jarak antara Kranggan dan Losari mencapai hingga lima kilometer,” Mustofa Kamal, Warga Kranggan Kota Mojokerto.

Jika ada warga yang meninggal, lanjutnya, maka jenazahnya diangkut dengan kereta jenazah yang didorong dengan cepat oleh warga. “Pernah sandal saya sampai putus. Untuk itu, saya mohon agar disediakan mobil ambulans untuk mengangkut jenazah, entah disediakan pemerintah atau partai. Kalau supirnya, saya siap, gratis,” katanya.

Menanggapi permintaan tersebut, Ahmad Rizal Zakaria yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Mojokerto mengatakan, pihaknya sudah pernah mengadakan simulasi mobil jenazah. “Banyak kendalanya. Di Kota Mojokerto banyak gang-gang sempit dimana becak saja tidak masuk. Kalau mobil jenazah tidak efektif,” katanya.

Karena banyak gang-gang sempit, lanjutnya, RSUD Wahidin Sudirohusodo menyediakan sepeda motor ambulans untuk mengantar dokter jika ada orang sakit di gang sempit. “Kalau yang sakit dibawa ke rumah sakit, mobil ambulans kan tidak bisa masuk. Daripada ribet, dokternya saja yang datang dengan diantar sepeda motor,” imbuhnya.

Sementara itu, Hidayat mengatakan, pada awal tahun 2021 nanti Partai Gerindra akan menyediakan mobil layanan sosial. “Kalau mobil jenazah nantinya hanya bisa untuk mengangkut orang mati tapi kalau mobil layanan sosial tidak hanya untuk orang meninggal tapi bisa juga untuk keperluan lainnya,” tandas anggota Komisi D ini.

Selain itu, ada beberapa aspirasi yang disampaikan masyarakat. Terkait banjir misalnya, Hidayat mengatakan jika mengatasi banjir merupakan kampanye dari Partai Gerindra. “Banyak yang sudah dilakukan baik oleh Pemkot Mojokerto maupun Pemprov Jawa Timur, diantaranya melakukan normalisasi sungai dengan mengeruk lumpur,” jelasnya.ỵus