Pemdes Sumbergede Tempati Kantor Baru 

Harapkan Pelayanan Publik Meningkat

99

Gresik (Harjatim) – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumbergede Kecamatan Wringin Anom kini merasa lega. Kantor dan pendopo desa yang digagas sejak tahun 2015 itu kini terwujud. Meski proses pembangunan belum dinyatakan rampung 100 persen. Kantor desa di area lahan seluas 2500 meter persegi itu kini mulai ditempati.

Kades Sumbergede, Suwoto mengungkapkan penempatan kantor yang baru demi berjalannya ‘roda’ pemerintahan desa. Terutama pelayanan masyarakat dapat meningkat.

” Kantor yang lama kondisinya sudah rapuh dimakan usia. Untuk pemeliharaan sudah tidak memungkinkan lagi. Apalagi jika ada acara besar. Halamannya sempit. Jadi meski kantor baru pembangunam belum dinyatakan rampung sepenuhnya, kita tempati,” kata Suwoto, dalam peresmian kantor dan pendopo desa yang terbalut acara istiqosah, Rabu (3/03/21).

Masih menurutnya kantor lama rencananya akan dibuat pusat sarana pendidikan. Sementara rencana finising kantor baru dan sarana pendukung lainnya akan dilakukan bertahap menyesuaikan anggaran yang ada di desa.

” Kalau pembangunan kantor dan pendopo desa rampung semua membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Perkiraan anggaran mencapai Rp 3 miliar,” ungkap Suwoto.

Pembangunan pendopo berukuran 12 meter X 12 meter bergaya arsitektur “Makam Bung Karno”. Atap berbentuk segi empat mengkerucut ke atas ditengahnya. Sementara kantor desa yang terbangun berdesain minimalis berukuran 5 meter X 12 meter.

” Ruangan kantor desa rencananya akan kita tambah lagi. Begitu juga sarana olahraga dan kolam di area balai desa,” lanjutnya.

Untuk merintis pembangunan pendopo dan kantor desa. Suwoto mengaku harus bersabar karena keterbatasan anggaran yang ada di desa.

” Bertahap sedikit demi sedikit. Apalagi ditengah pademi covid-19. Kita berharap semua warga dapat mendukung rampungnya pembangunan ini. Karena selain untuk meningkatkan pelayanan. Pendopo dan kantor desa merupakan salah satu perwajahan desa’,” pungkasnya. (awe)