Tiga Terbaik Hasil Akhir Seleksi Calon Sekda Kota Mojokerto

75

Mojokerto (harjatim) – Panitia Seleksi (Pansel) mengumumkan hasil akhir calon Sekda Kota Mojokerto. Seleksi terbuka dilakukan mengingat kekosongan Sekda setelah ditinggal Harlistyati yang purna tugas per 1 Juni 2021.

Dari pengumuman Pansel terbuka jabatan tinggi pratama sekretaris daerah kota Mojokerto tahun 2021 nomor : 007 / PANSEL.JPTPSEKDA / 2021, tertanggal 14 Juni 2021, mengumumkan hasil akhir tiga terbaik. Urutan berdasarkan alphabet nama sebagai berikut : Agung Moeljono Soebagjo SH MH, Gaguk Tri Prasetyo ATD MM, dan Novi Rahardjo S.STP M.Si.

Sebelumnya ada empat penjabat di lingkup Pemkot Mojokerto yang mengikuti seleksi, yakni Agung Moeljono Soebagjo SH MH (Kepala Badan Penelitian dan Perencanaan Pembangunan), Gaguk Tri Prasetyo ATD MM (Kepala Dinas Komunitasini dan Informatika), Anang Fahruroji S.Sos M.Si (Staf Ahli) dan Novi Rahardjo S.STP M.Si (Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga, dan Pariwisata).

“Hasil akhir seleksi terbuka Sekda sudah disampaikan kepada wali kota. Selanjutnya merupakan hak preogratif wali kota untuk dipilih. Aturannya memang begitu,“ ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mojokerto Muhammad Imron saat ditemui di kantornya jalan Bhayangkara.

Dijelaskan, dalam seleksi sekda ini tugas dari pansel untuk menyeleksi hingga menjadi tiga peserta. Selanjutnya merupakan kewenangan dari wali kota untuk memilih satu di antara tiga terbaik hasil akhir seleksi sekda.

“Setelah menjadi tiga, murni hak preogratif wali kota untuk memilih. Tidak harus yang mendapatkan nilai paling bagus atau paling senior. Tiga nama tersebut merupakan yang terbaik. Ya terserah wali kota karena memang begitu aturannya,” tandasnya.

Selanjutnya BKPSDM akan meminta rekomendasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Sekda terpilih akan mendapatkan rekomendasi dari KASN,” katanya.

Tidak hanya itu, BKPSDM juga akan melaporkan kepada gubernur Jawa Timur terkait proses seleksi. “Yang kita laporkan kepada gubernur terkait proses pelaksanaan seleksi,” jelasnya.yus