Babinsa Posramil Gayam Bojonegoro Lakukan Pengamanan Pemakaman Korban Covid-19

42

Bojonegoro, (harjatim)  Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil Gayam bersama Bhabinkamtibmas Polsek Gayam melaksanakan pengamanan proses pemakaman korban meninggal akibat terpapar Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Sumurpandan, Desa/Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Danposramil 0813-18/Gayam Pelda Safari menjelaskan bahwa tujuan dari pengamanan adalah agar proses pemakaman korban dari Covid-19 yang dilakukan oleh petugas tenaga kesehatan berjalan tertib, lancar dan aman sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.

“Kegiatan tersebut merupakan tugas dan tanggungjawab sebagai aparat kewilayahan untuk hadir ditengah-tengah warga dalam setiap kegiatan,” tutur Danposramil Gayam. Senin (12/7/2021).

Dari laporan yang diterimanya, korban sebelumnya sakit dan dirawat dirumah, namun kondisinya semakin memburuk akhirnya dari pihak keluarga dibawa ke rumah sakit PKU Muhammadiayah Kalitidu untuk mendapat perawatan, hasil pemeriksaan Swap Antigen yang bersangkutan positif Covid-19 dan akhirnya dinyatakan meninggal dunia oleh rumah sakit.

“Untuk itu proses pemakamannya harus dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan standart protokol Covid-19,” tambahnya.

Selain pengamanan, Babinsa juga tak bosan-bosanya mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan agar tidak mudah tertular berbagai macam virus yang dapat mengakibatkan sakit.

“Saling mengingatkan dan jangan lupa untuk selalu terapkan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pesannya.(wan/pdm.bjngr)