Lattek Perembesan Siswa Dikmaba PK TNI AL Satdik 1 Tanjung Uban Lattek

17

Tanjung Uban, (harjatim) Siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK) TNI Angkatan Laut Satuan Pendidikan (Satdik) 1 Tanjung Uban melaksanakan Lattek perembesan (Infiltrasi Course) di daerah latihan Lancang Kuning, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Riau Kepulauan (13/07).

Kegiatan lattek perembesan siswa Dikmaba tersebut merupakan bagian dari latihan berganda yang berlangsung sejak tanggal 07 Juli 2021 lalu. Dansatdik 1 Tanjung Uban, Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, didampingi para perwira stafnya meninjau secara langsung jalannya lattek siswa Dikmaba tersebut.

Latihan Perembasan merupakan salah satu bentuk latihan militer yang bertujuan untuk melatih keterampilan dan ketangkasan prajurit dalam mendekati sasaran dengan melewati tembakan senjata amunisi tajam yang disimulasikan sebagai serangan musuh. Selain itu, latihan perembesan juga bertujuan untuk melatih mental para prajurit agar siap melaksanakan tugas di medan operasi yang sebenarnya.

Perembesan dilaksanakan secara beregu dengan dipimpin oleh salah satu siswa yang ditunjuk. Mereka harus mampu melewati rintangan kawat berduri dibawah rentetan tembakan senjata amunisi kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm dengan sesekali dentuman ledakan TNT mengiringi pergerakan mereka.

Dalam lattek berganda ini para siswa juga melaksanakan praktek menembak senjata Minimi, meluncur dari ketinggian, naik turun jaring meniti dan merayap tali, mempraktekkan Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP), Jurit tangkas dan jurit malam.

Sedangkan sasaran lattek adalah Siswa mampu menembak senjata ringan laras panjang pada jarak 100 dan 200 meter, menembak pistol jarak 15 dan 25 meter serta memahami dan mengetahui prosedur mengatasi gangguan pada senjata ringan laras panjang dan pistol. Selain itu dalam lattek berganda, limed, Sea and Jungle Survival para siswa agar memiliki daya tahan fisik, rasa percaya diri dan keberanian dalam melaksanakan tugas.

Sehubungan tingkat kerawanan latihan yang cukup tinggi Dansatdik 1 Tanjung Uban ini berpesan agar para instrukur, pelatih, pembimbing siswa dan para siswa agar melaksanakan prosedur dan tahapan latihan dengan benar sehingga keselamatan personil dan material tetap terjaga.

Lattek Siswa Dikmaba tersebut diselenggarakan oleh Satdik 1 Tanjung Uban dalam rangka membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman sesuai dengan Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.(wan/kdkltl)