Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Apresiasi Teknologi 5G Experience Center ITS

27

Surabaya, (harjarim) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi secara langsung teknologi 5G Experience Center Pertama di Indonesia yang dikembangkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang bekerjasama dengan Nokia dan Indosat Ooredoo.

Peluncuran tersebut dalam rangka dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-61,di Gedung Pusat Robotika yang merupakan salah satu Kawasan Science Technopark (STP) ITS, Kamis (16/9/2021). Selain yang pertama di Indonesia, ITS juga merupakan kampus pertama yang mempunyai 5G Experience Center.

Selain Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa, juga hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno,Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Jari Sinkari dan Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Dr Ir Ismail MT, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Menristekdikti) RI Nadiem Anwar Makarim yang turut memberikan sambutan virtual melalui video.

Dalam pidato sambutannya, Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, dirinya senang sekali hari ini ada lompatan yang luar biasa melalui sinergi dari Indosat Ooredoo, Nokia, dan ITS untuk membantu percepatan layanan publik dari pemerintah kepada masyarakat.

“Di Jawa Timur, kami memiliki tagline CETAR – Cepat, Efektif, Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel, dan Responsif, dimana semuanya ada di 5G. Kami juga memiliki visi Jatim Interconected yang artinya satu data Jawa Timur merupakan kebutuhan mendesak yang kini bisa dipenuhi oleh teknologi 5G. Semoga dengan hadirnya 5G dari Indosat Ooredoo, hal itu bisa segera kita laksanakan bersama untuk mempercepat layanan bagi kemakmuran masyarakat Jawa Timur.” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno yang menghadiri langsung acara menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan teknologi 5G ini. Sandiaga berharap inovasi ini dapat membuka peluang lapangan kerja baru. “Penciptaan teknologi harus diimbangi dengan pemerataan di seluruh wilayah Indonesia,” tandasnya dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya, berharap dengan munculnya inovasi-inovasi barubisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk kemanusiaan. “Pembukaan 5G Experience Center baru ini merupakan capaian luar biasa bagi ITS dan Kota Surabaya. Harapannya, ITS dapat menjadi center of humanity sesuai dengan tagline ITS tahun ini Advancing Humanity,” ujarnya. (mad/wan/jn)