Usulan Pansus BPRS Diserahkan

86

Mojokerto (harjatim) – Usulan pembentukan pansus Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) saat ini, Selasa (5/10/2021), sudah berada di sekretariat DPRD Kota Mojokerto. Tidak ada tambahan anggota dewan yang menandatangani usulan, masih tetap 10 orang seperti yang diberitakan sebelumnya.

Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto mengatakan, usulan untuk membentuk pansus BPRS akan segera ditindaklanjuti. “Sesuai tatib, usulan disampaikan secara tertulis oleh anggota dewan. Dalam tatib idak disebutkan berapa orang jumlah pengusul. Dengan demikian hanya satu pengusul boleh,” jelasnya.

Selanjutnya usulan pembentukan pansus akan diteruskan ke Badan Musyawarah (Bamus) untuk diagendakan sidang paripurna untuk membahas pembentukan pansus. “Bamus boleh memberi pertimbangan apakah pansus perlu dibentuk,” imbuhnya.

Kemudian pembentukan pansus akan dibahas pada sidang paripurna sesuai tanggal yang sudah diagendakan Bamus. “Syarat sahnya, sidang paripurna harus dihadiri sedikitnya separuh (50%) lebih anggota dewan. Jadi dari 25 anggota dewan, sedikitnya harus dihindari 13 anggota dewan,” katanya.

Pansus baru boleh dibentuk, lanjutnya, jika disetujui oleh separuh (50%) lebih anggota dewan yang hadir dalam sidang paripurna. “Misalkan, anggota dewan yang hadir dalam sidang paripurna sebanyak 13 orang. Pansus akan dibentuk jika disetujui sedikitnya 7 orang yang hadir. Kalau kurang, tidak bisa,” terangnya.

Dan jika pansus disetujui untuk dibentuk maka struktur dan keanggotaan pansus akan ditentukan pada saat sidang paripurna itu juga. “Keanggotaan pansus merupakan perwakilan dari seluruh fraksi yang ada di DPRD Kota Mojokerto,” pungkasnya.

Untuk diketahui, keputusan membentuk pansus BPRS diputuskan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) ke dua yang dilakukan Komisi II terkait BPRS milik Pemkot Mojokerto yang sedang kolaps. Setelah satu bulan lebih berlalu, ada 10 anggota dewan yang membubuhkan tanda tangan sebagai pengusul pembentukan pansus BPRS. Dan Selasa (5/10/2021) usulan tersebut disampaikan ke sekretariat DPRD.yus