Di Berhala, Taruna AAL Satlat KJK Berikan Bantuan Sosial

14

Berhala, (harjatim) Pada hari jadi TNI ke-76 tahun 2021 ini, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida ( Satlat KJK) 2021 yang tengah keliling Indonesia selama 99 dengan KRI Bima Suci, singgah di Pulau Berhala dan memberikan bantuan sosial pada  prajurit TNI penjaga pulau  terluar Indonesia ini, Selasa (5/10).
.
Menurut Perwira Pelaksana Latihan KJK 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr.Opsla., mengatakan, pada latihan pelayaran etape ke-9 dari Ranai menuju Sabang ini, tepatnya di selat Malaka pada posisi kapal 03°46′ 05″ U dan 099° 30′ 08″ T, KRI Bima Suci lego jangkar dan menurunkan sekoci untuk perwakilan Satgas dan Satlat KJK Taruna AAL singgah di pulau Berhala.
.
Komandan Satgas KJK yang sekaligus Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla., didampingi Kadeplog KRI Bima Suci, Kapten Laut (S) Mico Prama, Paopslat KJK Taruna AAL tahun 2021 Lettu Laut (P) Andika Dwi. P, perwakilan dari  ABK KRI Bima Suci serta perwakilan Taruna AAL singgah di pulau ini.
.
Kehadiran Satgas dan Satlat KJK Taruna AAL ini, disambut Komandan Kompi Satgas Pulau Terluar Pulau Berhala, Kapten Marinir Pramasta Wiratama beserta 24 personel dan 1 Peleton dari Batalyon 122/75 Pematang Siantar dibawah Komandan Peleton Letda Inf. Hasan B. S. Bantuan berupa sembako dan alat kesehatan pun langsung diserahkan kepada mereka.
.
Menurut Dansatgas KJK, penyerahan bantuan sosial kepada para prajurit yang menjaga pulau  terluar di pulau berhala wilayah NKRI ini, sebagai wujud rasa kebersamaan serta jiwa korsa  sesama prajurit TNI dimanapun berada dan bertugas guna ikut meringankan beban para prajurit satuan tugas penjaga pulau terluar (satgas puter) terutama di hari jadi TNI ke-76 ini.
.
Menurutnya, kunjungan ke pulau terluar Indonesia merupakan salah satu bagian dari pembelajaran pengetahuan batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bagi para Taruna AAL, sehingga diharapkan semakin menebalkan semangat juang untuk menjaga dan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.
.
“Kegiatan ini juga sebagai upaya memperkuat sinergi antar prajurit TNI/TNI AL, terutama yang berdinas menjaga garda terdepan NKRI,” katanya.
.
Selain itu, kunjungan ke pulau terluar merupakan implementasi dari program prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Hal itu agar setiap unsur KRI dalam setiap operasi menyempatkan singgah di pos-pos TNI AL maupun satgas yang bertugas di pulau terdepan dan terluar NKRI untuk memperkuat sinergitas TNI AL.
.
Sebelum melaksanakan kegiatan bakti sosial di Pulau Berhala, 89 Taruna Satlat KJK bersama seluruh ABK KRI Bima Suci melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI di Geladak KRI Bima Suci dengan Inspektur Upacara Komandan KRI Bima Suci.(wan/aal)